Menu

31 Dec 2011

CARA MENGEMBALIKAN FILE / FOLDER YANG HILANG AKIBAT VIRUS SHORTCUT TERBARU 2012


Pengalaman dan kesalahan adalah guru yang sangat berharga buat saya, saya selalu belajar dari sebuah pengalaman dan kesalahan. Pengalaman dan kesalahan membuat kita tahu akan semuanya, kita menjadi tahu solusinya.
Okeh,,langsung aja bunk ,,,,!!
Seperti yang kita lihat Virus komputer semakin merajalela, terutama “Virus Shortcut” yang gampang sekali muncul. Tapi tenang, Anda tidak usah panik, karena Saya akan berbagi kepada anda cara hebat untuk menangani Virus shorcut tersebut.
Mungkin anda sedikit kesal dengan datangnya virus shorcut tersebut. Entah dari mana asalnya, tapi virus shortcut itu gampang sekali muncul. Sering buat kesal, apalagi jika File / Folder kita hilang akibat virus tersebut, tambah jengkel dech...!
Tapi jangan emosi dulu, semua itu bisa di atasi dengan mudah dan simpel. Di bawah ini saya akan uraikan cara mengembalikan data di flasdisk yang hilang akibat virus shortcut berdasarkan pengalaman :
1. Langkah pertama, scan dulu flasdisk anda yang terinfeksi virus shortcut tersebut. Terserah anda mau scan pakai anti virus apa, kalau saya sih pakai  “Avast dan Smadav”
2. Setelah anda selesai menyecan flasdisk dan sudah menghapus semua virus, langkah selanjutnya adalah klik kanan flasdisk pilih property-pilih tools-pilih check Now-centang pada scan for and attempt recovery of bad sectors lalu klik start. Tunggu sampai selesai mengecek.


3. Lihat isi flasdisk anda, sudah munculkah folder yang tadi hilang akibat virus? Jika sudah muncul, hapus secara manual icon – icon shortcut yang ada di flasdisk sampai habis. Tapi jika belum ikuti langkah selanjutnya.
4. Pada jendela eksplorer tepatnya di menubar, klik tools-pilih folder option-klik view-cari hidden files and folder-cetang pada show hidden files and folder.


5. Lihat flasdisk anda, file / folder yang tadinya hilang karena virus sekarang sudah muncul kembali. Eits…tapi jangan senang dulu, file / folder di flasdisk anda belum kembali, masih berwarna samar – samar.
6. Tahap selanjutnya adalah mengembalikan data yang berwarna samar tersebut, begini caranya : buka dulu command prompt. Caranya klik startp-all program-accessories-command prompt, di jendela command prompt ketikan huruf  e  lalu tekan enter, bila flasdisk di e. setelah itu ketikan attrib  –s –r –h /s /d   lalu tekan enter.

7. Simsalabim…….kini file / folder anda sudah kembali ke sisinya….(haha..)
8. Setelah semua kembali, hapus icon – icon shorcut secara manual saja sampai tak tersisa.
9. Eits,,,,,tugas anda belum selesai, jangan lupa kembalikan seperti semula show and hidden-nya. Jika anda belum kembalikan seperti semula, pasti akan terlihat icon aneh seperti recycle bin dll.
Caranya, pada jendela explorer di menubar pilih tools-folder option-pilih view-cari hidden files and folder-cetang pada  Do not show hidden files and folder.
Selesailah tugas anda, file / folder anda telah kembali seperti semula. Tapi pengalaman saya, biasanya ada file / folder yang hilang, tapi kalu tidak ada bersyukurlah.

Salam sukses, semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. makasih buat infonya,,,,
    tp saya masih punya masalah nih,,
    saya sudah coba buat ikutin cara di atas di tahap yang ke tiga,, pas saya udah atur tools nya tetep aja file yang hilang gak muncul sama sekali,,
    saya coba langsung ke command prompt ketik attrib tapi masih juga gak ada file yang kembali.
    gimana lagi ya caranya,, saya sudah hampir putus asa ini,, karena file yang hilang penting sekali,, file yang hialng hanya file yang berekstensi .doc mohon bantuannya yah.... trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya Makasih buat Prisca atas comentnya,
      Kalo masalah Prisca tak bisa di selesaikan dengan cara di atas, Prisca bisa download Aplikasi Recovery, aplikasi yang bisa mengembalikan data yang telah hilang/terhapus.
      kalo saran saya, silakan download "GetDataBack for FAT"
      tanya aja ke Omh Google, Insya Allah data yang hilang bisa kembali.

      Delete
  2. klo ngambil file dari virus chest di avast gmna..?? apa sama adja? banyak bnget program dari komputer saya hilang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Uckie Yth,"Virus Chest" adalah fasilitas dari Avast yang berwujud sebuah folder, folder ini sangatlah aman, terlindungi dan terisolasi sehingga sangatlah tepat untuk menyimpan file - file penting yang anda miliki, tapi nantinya file - file ini masih dapat digunakan dengan batasan tertentu.File - file ini tidak akan terpengaruh oleh aktivitas luar, dalam artian tidak ada virus yang mampu menginveksinya.
      selain itu Virus Chest juga berfungsi untuk menyimpan file - file yang terinveksi virus, virus itu akan terisolasi dan tidak bisa beroperasi lagi.
      Saran saya, Masukan data penting anda ke Virus Chest agar lebih aman.
      Kalo ngga, anda juga bisa buat folder kebal dengan cara :
      1. Buatlah sebuah folder dengan nama bebas
      2. Rename folder anda, ketika di depan dan di belakang nama folder Alt+251.
      3. Akan muncul seperti akar.

      Insya Allah folder ini kebal virus.

      Delete
  3. sebelumnya terima ksih atas infonya.

    tapi kli ini saya punya mslh di flash
    kemarin sya kerental komputer ingin ngeprint tugas
    eh ketika balik dari sana maka semua data yang ada di flas saya jdi hilang
    dan muncul folder - folder baru yang tulisannya seperti ini "┴≤░PÇ▄P.Æ "
    dan folder itu juga tidak bisa terhapu

    bagaimana solusinya??
    terima kasih...!

    ReplyDelete
  4. Oke Mas Enddy, sebelumnya terimaksih krena telah membaca dan memberi comend posting saya ini.
    Perlu Mas Enddy tau, sekarang ini Virus telah merajalela, aku juga sering dibuat kesel olehnya.
    setelah saya pahami masalah anda di atas, saya bisa menuai kesimpulan :
    Kenapa data flash ga ada dan muncul folder tak jelas namanya?
    Banyak sebab mas, yang prtama bisa krna Virus, Bisa juga krna main cabut aja tanpa di eject.
    Solusi menurut saya :
    Mungkin salah satu jalan Flash hrus diformat, karena folder semacam itu (Folder bernama ga jelas) tdak bsa dihapus dengan antivirus sekalipun.
    TAPI, sebelum dihapus Recovery dulu data anda (kembalikan data yang hilang)dengan software recovery, saran saya gunakan get data back for FAT, bisa di download di
    http://gustavpc.wordpress.com/2011/12/13/download-get-data-back-for-fat-and-ntfs-full/
    Silakan ikuti ptunjuknya. Copy semua data yang ada ke komp, lalu format flash, barulah data tadi copy ke flash.
    selamat mencoba dan semoga berhasil.
    maaf klo kurang jelas, aku juga masih tahap belajar,

    ReplyDelete
  5. thx sob udh berbagi ilmunya

    artikel yang sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, moga ilmu kita terus berkembang dan berkembang,,

      kalo punya ilmu, shar ke aku sob, biar aku tmbah ilmu,,

      Delete
  6. di laptopku ada folder2 aneh dan samar, kyak "$Recycle.bin" dan kalo dihapus ga ilang. Gmn solusinya? Trima sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Folder bawaan windows Gan, itu folder ga mungkin bisa ilang, dan jangan di ilangin, cukup agan hide aja/di sembunyikan, kalo windows 7 caranya masuk ke explorer-klik organize-folder and search options-muncul jendela folder option-pilih view-di bawah ada "hidden files and folders-pilih don't show hidden files, folders, or driver.

      itu untuk ngehidden/menyembunyikan folder2 samar2 tersebut.

      Delete