Laman

28 Feb 2012

TIPS MEMPERKECIL UKURAN PDF


Beberapa hari yang lalu saya mengalami kesulitan, ada seseorang yang mau nglamar kerja tapi secara online. Kebetulan disitu aturanya file ijazah dsb harus dikirim dalam format PDF. Setelah saya scan  ijazah dsb tersebut ternyata ukuran terlalu besar, melebihi ukuran apload maximum. Saya terus terang kebingungan mencari cara bagaimana merezize ukuran PDF tersebut. Berbagai cara sudah saya lakukan, download aplikasi pengecil ukuran PDF juga sudah saya lakukan, tapi hasilnya kurang memuaskan juga.
Akhirnya Paman saya datang dan memecahkan masalah ini bersama. Ternyata tak disangka sangatlah mudah caranya, tanpa aplikasi pengecil ukuran PDF juga bisa. Bahkan lebih ampuh,,,,,,!!!

Begini caranya :
“ Anda tinggal Insert PDF tersebut ke Ms. Word 2007 terus anda Save as dengan format PDF”

Jadi kecil dech ukuranya….sangatlah mudah kan…….????

Bagi Anda belum punya Save As PDF di Ms. Word bisa didownload di sini.

Kalo anda tidak bisa cara me-insert PDF ke Ms. Word 2007, saya akan jabarkan sedikit:
1.      Pertama, buka Ms. Word 2007.
2.      Buka explorer tempat dimana PDF berada
3.      Drag PDF tersebut ke Ms. Word 2007 yang sudah anda buka sebelumnya
4.      Kalo sudah ke-insert, save as dengan format PDF
Caranya adalah :Klik office button(ada di pojok kiri atas), pilih save as, pilih PDF, ketikan nama dan letak dimana disimpan, klik publish.
Selesai dech…….

Di save as pdf word terdapat 2 pilihan :
1. Standard
2. Minimum size
kalau pakai yang standard terlalu besar, bisa pakai yang minimum size.

Terus ada lagi, biasanya kalo mau ngelamar kerja kan sekarang banyak yang lewat online, pasti kan kita harus apload persyaratanya, dan persyaratan setiap perusahaan itu pasti beda -  beda, ada yang aploadnya harus bentuk PDF contohnya PJKA, ada juga yang bentuk image dan lain sebagainya.
Sekarang yang kita bahas adalah yang apload dalam bentuk PDF seperti yang disyaratkan PJKA. Biasanya kalo apload pasti ada batas maksimumnya, kalo PDF yang kita apload ukuranya melebihi batas max, maka PDF tersebut tidak bisa di apload. Nah, oleh karna itu saya akan sedikit berbagi tips agar ukuran PDF kecil. 1. Pertama sebelum mengapload pasti kan kita Scan dulu dokument kita, ada ijazah, NUM, dsb. Scan dokumen anda dengan format JPG (image, gambar) jangan langsung dalam bentuk PDF karena pasti ukurannya besar.
2. Langkah kedua setelah menyecan semua doc. dalam bentuk JPG, baru anda jadikan JPG tersebut menjadi format PDF. Dengan cara apa? sama seperti di atas, anda insert saja ke Ms. Word terus simpan (save as) dalam format PDF. Jangan lupa kelompokan, jangan semua doc. dijadiin satu PDF, maksudnya ijazah dengan ijazah, biasanya ijazah kan lembarnya bolak - balik, berarti di PDF menjadi 2 lembar, dan biasanya kalo doc. sampai 2 atau 3 lembar pasti kan ukuranya lebih besar. Kalo ukuran PDF yang 2 lembar tersebut ternyata terlalu besar, anda ga usah bingung, tinggal atur aja save as'nya. Ms. word menyediakan save as PDF ada 2 versi, yang pertama "Standard (publishing online and printing) dan yang kedua "Minimum size (publishing online). Anda tinggal pilih aja yang Minimum size, pasti ukuranya lebih kecil dech,,! lebih jelasnya lihat gambar di bawah,

Selamat mencoba dan semoga berhasil...!!!!
Semangat luar biasa .......!!!!

Ingat, Bagi anda yang Ms. Word nya belum ada Save as PDF, bisa didownload di sini

Berikan komentar anda, tentang posting ini.