Menu

12 Sept 2016

SURAT PERJANJIAN KONTRAK SEWA ALAT

Di bawah ini adalah contoh Surat Prrjanjian Kontrak Sewa Alat, langsung sedot aja gan.....

SURAT PERJANJIAN KONTRAK SEWA ALAT

Pada hari ini ......., tanggal ........... bulan ....... Tahun ................................... telah ditandatangani perjanjian kontrak sebagai berikut :

Yang bertanda tangan dibawah ini :
I.                   Nama         :
Alamat      :
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

II.                Nama         :
Alamat      :
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

Kedua belah pihak sepakat, untuk mengadakan perjanjian sewa – menyewa  atas pemakaian alat berat dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagai berikut :

PASAL I
PIHAK PERTAMA setuju untuk menyewakan alat kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA setuju untuk menyewa alat dari PIHAK PERTAMA sebagai berikut :

Jenis alat          :
Merk                :
Type                :
Jumlah             :

PASAL 2
Perjanjian sewa-menyewa ini dilakukan untuk jangka waktu : per satu bulan
PASAL 3
1.      Harga sewa alat yang disetujui bersama adalah Rp .....................,-
2.      Mobilisasi / demobilisasi alat sebesar Rp .........................,-
3.      Pembayaran sewa alat, dibayar sekurang-kurangnya per satu bulan operasi untuk pembayaran pertama.
4.      Lokasi disetujui bersama untuk pemakaian alat adalah Desa ................,Kec. .............., Kab ...............................
PASAL 4
1.      Harga sewa tersebut pada PASAL I di atas mulai terhitung selambat – lambatnya  sehari setelah alat tiba di lokasi yang tersebut pada PASAL 3.4
2.      Apabila alat tersebut pada PASAL I, tidak operasi dan bukan karena kerusakan alat, operator siap, maka sewa alat per – hari dihitung 4 (empat) jam. Dan bilamana alat stand by karena hujan maka alat sewa dihitung 4 jam.
3.      Alat berat mulai kerja pukul 08.00 s/d 17.00 wib, uang makan operator Rp .................,- per hari, apabila alat bekerja diluar jam yang telah ditentukan, maka alat berat tersebut dihitung lembur dan hasilnya dimasukkan dalam time sheet, untuk uang makan operator ditambah Rp ......................,- per jam.
4.      Dengan persetujuan kedua belah pihak, maka sewa-menyewa alat bisa diperpanjang untuk setiap kalinya dan PIHAK KEDUA harus memberitahukan PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya 2 (dua) hari sebelum berakhirnya masa sewa.
5.      Untuk memperpanjang sewa pembayaran tetap dilakukan dimuka sekurang – kurangnya 100 jam dan untuk ini tidak diperbuat surat perjanjian baru tetapi cukup dibuktikan dengan penerimaan pembayaran perpanjangan sewa yang dibuat oleh PIHAK PERTAMA dan bermaterai cukup dan ditandatangani.
6.      Bila PIHAK KEDUA oleh PIHAK PERTAMA dianggap lalai dalam melakukan pembayaran kepada PIHAK PERTAMA, maka PIHAK PERTAMA sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu berhak menarik kembali alat tersebut dan segala kerugian serta ongkos – ongkos yang timbul karenanya dibebankan pada PIHAK KEDUA dengan tunai dan sekaligus selambat-lambatnya satu minggu setelah PIHAK PERTAMA menyerahkan perincian kerugian.
7.      Tepat setelah berakhirnya sewa-menyewa, PIHAK KEDUA akan menyerahkan alat tersebut ke PIHAK PERTAMA pada tempat alat tersebut disimpan oleh PIHAK PERTAMA.
PASAL 5
Perhitungan jam operasi kerja menggunakan buku catatan operasi harian dan operasi alat dihitung sesuai jam kerja atau hour meter, dicatat pada buku catatan tersebut.
Untuk kedua belah pihak harus menugaskan petugas masing – masing yang menganggap syah serta mengakui hasil pencatatan tersebut, buku catatan disediakan oleh PIHAK PERTAMA.
PASAL 6
1.      PIHAK PERTAMA menyediakan operator / pembantu operator, minyak pelumas, minyak hidrolis dan serta suku cadang dan peralatan kerja untuk keperluan pemeliharaan dan perbaikan.
2.      Alat dinyatakan tidak operasi apa bila alat rusak atau operatomya tidak siap dialat berat tersebut.
3.      Traveling / perjalanan ke lokasi dihitung Hourmeter (jam kerja).
4.      Kerusakan jalan lingkungan dan lain-lain akibat dilewati alat berat menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.
5.      Keselamatan alat pada saat pengembalian / ditarik sampai dengan trailer, menjadi tanggungjawab PIHAK KEDUA.
6.      PIHAK KEDUA sanggup menyediakan matras secukupnya sesuai dengan tehnis di lapangan dan apabila alat ternyata tetap tidak bisa kerja karena lokasi maka alat tersebut bisa dikembalikan dengan biaya mobilisasi ditanggung oleh PIHAK KEDUA.
7.      Apabila terjadi kecelakaan di lokasi, karena persiapan lokasi tidak memenuhi syarat maka biaya ditanggung PIHAK KEDUA.
8.      Apabila kondisi lapangan tidak sesuai komitmen awal misal lokasi pasir, berbatu dan tanah lembek, mengakibatkan membahayakan alat maka PIHAK PERTAMA berhak menarik alat tersebut dengan biaya mobilisasi ditanggung PIHAK KEDUA.
9.      PIHAK KEDUA menyediakan BBM Minyak secukupnya untuk operasional alat. 
PASAL 7
1.      PIHAK KEDUA menjamin sepenuhnya keamanan personil maupun alat selama masa sewa sampai dikembalikan alat tersebut oleh HHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA ke lokasi penyimpanan PIHAK PERTAMA.
2.      Apabila terjadi kehilangan atau kerusakan pada sebagian atau seluruh alat berat tersebut maka PIHAK KEDUA diwajibkan mengganti kehilangan atau kerusakan tersebut sesuai dengan aslinya, atau mengganti sejumlah uang yang senilai dengan atau perwakilan alat berat tersebut dalam waktu selambat-lambatnya satu minggu setelah kerusakan pada alat berat seperti yang dimaksud pasal 1.
3.      PIHAK KEDUA tidak boleh memindahkan alat tersebut pada pasal 1 dan yang telah ditetapkan pada pasal 3.4 kecuali ada persetujuan dan PIHAK PERTAMA.
4.      PIHAK KEDUA mengijinkan petugas – petugas control PIHAK PERTAMA untuk memasuki lokasi kerja, untuk memeniksa alat tersebut berikut kelengkapannya, tanpa pengecualian dan syarat apapun juga.
PASAL 8
Segala sesuatu yang belum diatur dalam surat perjanjian sewa – menyewa ini akan ditentukan secara musyawarah tertulis.
PASAL 9
Atas perjanjian dengan segala akibat hukumya kedua belah pihak setuju untuk memilih domisili tetap pada panitera pengadilan negeri Cilacap.
Surat perjanjian sewa-menyewa ini dibuat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak dalam rangkap 2 (dua) bermaterai dan memiliki kekuatan hukum yang sama.

............., .............................
Yang bertanda tangan,

PIHAK KEDUA                                                                    PIHAK PERTAMA



.......................................                                                       .......................................


Search Keyword :
  • Perjanjian Sewa Alat
  • Kontrak Sewa Alat
  • Surat Perjanjian
  • Surat Perjanjian Kontrak
  • Sewa Alat

No comments:

Post a Comment